Sabtu, 08 Maret 2014

Berikut perbedaan Organisasi Komputer dan Struktur Komputer serta beberapa fungsi dari komputer, Unit fungsional dasar komputer, dan struktur dasar komputer...

Organisasi komputer merupakan bagian yang terkait erat dengan unit-unit operasional dan interkoneksi antar komponen penyusun sistem operasi dalam merealisasikan aspek arsitekturalnya. Contoh aspek organisasi adalah teknologi hardwere, perangkat entar muka, teknologi memori, dan sinyal-sinyal kontrol.

Arsitektur komputer merupakan konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Biasanya mempelajari atribut-atribut sistem komputer yang tarkait dengan eksekusi logis sebuah program. Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari masing-masing bagian akan lebih difokuskan terutama mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cache, RAM, ROM, cakram keras, dll. Contoh dari arsitektur komputer adalah arsitektur Von Neumann, CISC, RISC, blue gene, dll.



Berikut beberapa  fungsi dari komputer :

1. Fungsi Operasi Pengolahan Data

2. Fungsi Operasi Penyimpanan Data

3. Fungsi Operasi Pemindahan Data

4. Fungsi Operasi Kontrol



Unit Fungsional Dasar Komputer : 

1. Input
    yaitu menerima informasi terkode dari operator manusia, dari peralatan elektromekanik, atau dari komputer lain melalui jalur  komunikasi digital.

2. Memori
    yaitu tempat penyimpanan informasi yang diterima, yang akan digunakan untuk referensi selanjutnya atau segera digunakan oleh sirkuit aritmatika dan logika untuk melakukan operasi yang diinginkan. Langkah pengolahan di tentukan oleh program yang tersimpan dalam memori.

3. Output
    yaitu hasil informasi/data yang telah di olah komputer akan dikirim kembali ke dunia luar.



Struktur dasar komputer :

1. Central Processing Unit, berfungsi sebagai pengontrol operasi komputer dan pusat pengolahan fungsi-fungsi komputer.

2. Memori utama, berfungsi sebagai penyimpanan data.

3. I/O, berfungsi memindahkan data ke lingkungan luar atau perangkat lainnya.

4. System Interconnection, merupakan sistem yang menghubungkan CPU, memori utama dan I/O.


0 komentar:

Posting Komentar